Hewan Sembelihan yang Halal Dimakan Menurut Islam

Hewan Sembelihan yang Halal Dimakan Menurut Islam

Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh. Saudaraku semua para pembaca yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala Aamiin. Untuk sama-sama kita ketahui bahwa sumber makanan yang dibutuhkan oleh kita selain dari tumbuhan adalah hewan. Akan tetapi tidak semua jenis hewan boleh kita makan dagingnya. Oleh karena itu simka uraian singkat kami di bawah ini.

Hewan Sembelihan yang Halal Dimakan Menurut Islam

Hewan ini adalah salah satu sumber makanan bagi ummat manusia selain dari tumbuhan. Akan tetapi jika kita seorang yang muslim tentunya tidak asal hewan boleh itu semua boleh dimakan. Yang pasti ada ketentuannya. Mengenai kehalalan dan keharamannya hewan ini ada banyak faktor yang harus kita pelajari dan kita fahami.

Hewan Sembelihan yang Halal Dimakan Menurut Islam

Hewan Halal Bisa Jadi haram

Kita faham tentunya bahwa hewan seperti Kambing, Kerbau, Sapi, Ayam, Itik dan sejenisnya kesemuanya itu adalah hewan yang umum dan halal dikonsumsi dagingnya. Tetapi hewan tersebut tidak serta merta halal begitu saja. Kalau dalam cara mengolahnya tidak sesuai syari’at maka dalam islam itu haram untuk mengkonsumsinya.

Pengolahan yang seperti apa hewan halal kok bisa berubah menjadi haram?. Ya, yang pasti jika kita memasak bangkai hewan itu sudah pasti haramnya meskipun hewan tersebut adalah hewan yang biasa dikonsumsi dagingnya.

Hewan Disembelih Tapi Dihukumi Bangkai

Tadi sudah kita katakan bahwasanya kalau memasak bangkai hewan yang biasa dimakan dagingnya itu tidak diperbolehkan karena haram dalam pandangan islam. Nah sekarang ada hewan sudah disembelih tapi hukumnya masuk pada hukum bangkai, itu penyembelihannya yang seperti apa?

Baik saudaraku semua, kita jelaskan di sini bahwa hewan yang sudah kita potong tapi secara agama itu tidak halal karena alasan dihitung sama dengan hukum bangkai. Jadi semua hewan darat yang halal dagingnya untuk dikonsumsi, itu wajib disembelih secara Syar’i. Jika hewan tersebut tidak disembelih secara syar’I maka hewan tersebut adalah haram.

Adapun penyembelihan yang syar’i itu setidak-tidaknya adalah sebagai berikut; Siapkan alat pemotong seperti pisau yang tajam. Sembelih hewan tersebut dengan niat karena Allah. Dalam penyembelihan wajib memutuskan tenggorokan, saluran nafas dan urat nadi. Saat menyembelih wajib membaca bismillah.

 

Demikian Wallahu 'a'lam.

Kunjungi juga : https://www.fiqih.co.id/