Cara Menanam Bawang Putih

Cara Menanam Bawang Putih

Dalam rangka menghemat pengeluaran, tak sedikit masyarakat lebih memilih untuk mempelajari cara menanam bawang putih yang biasanya digunakan sebagai antisipasi bila bahan dapur tersebut habis mereka tak perlu membeli keluar.

Cara Menanam Bawang Putih

Salah satu bahan masakan yang paling banyak digunakan ialah bawang putih. Di zaman sekarang, banyak sekali ibu-ibu lebih memilih untuk membudidayakannya daripada harus repot beli ke supermarket atau pasar tradisional. Seraya menghemat pengeluaran, hasil panen sendiri lebih baik.

Memilih Jenis Bawang Putih Terlebih Dahulu

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah memilih jenis bawang putihnya terlebih dahulu. Pada umumnya, bawang putih itu terdiri dari dua jenis yang bisa dibudidayakan di pekarangan rumah seperti softneck dan juga hardneck.

Jenis bawang putih softneck berciri-ciri mempunyai daun yang menjuntai ke bawah, sedangkan hardneck batangnya tegak dan juga keras serta di bagian tengahnya ada umbi bawang. Anda hanya perlu memilih di antara pilihan tersebut.

Menanam Bawang Putih di Pot

Menanam bawang putih sebenarnya tak perlu memerlukan lahan yang besar, bermodalkan pot saja juga bisa baik ukuran kecil maupun besar. Jangan lupa untuk siapkan tanah yang subur untuk media tanamnya. Kemudian potong bagian bawah bawang yang terlihat masih ditempeli oleh akar. Selanjutnya gali lubang di tanah dalam pot tersebut dengan kedalaman yang secukupnya saja, kemudian masukkan potongan bawang tadi ke lubang dan tutup dengan tanah. Sirami pot dengan air secukupnya, selang beberapa hari akan muncul daun lantas sirami potnya saat tanah mulai kering. Jangan lupa juga berikan pupuk.

Cara Menanam Bawang Putih

Memotong Daun pada Pohon Bawang Putih

Menurut pembudidaya, bawang putih biasanya memiliki masa tanam paling tidak sekitar 90 sampai 120 hari. Bila saatnya panen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti daun warna hijau yang keluar dari dalam tanah itu dapat dikonsumsi (daun bawang).

Nah, seiring dengan berjalannya waktu daun itu akan terus semakin memanjang. Oleh karenanya, daripada menjadi busuk, Anda potong saja lalu manfaatkan untuk keperluan seperti halnya dalam memasak.

 

Itulah beberapa step by step yang perlu diperhatikan dari cara menanam bawang putih dengan baik dan benar. Dengan mengikuti cara tersebut, akan mudah menghasilkan bawang yang berkualitas tinggi.

Sumber: https://www.kebun.co.id/

You May Also Like

Mengenal Jenis Pohon Kelapa

Mengenal Jenis Pohon Kelapa