Bagaimana YouTubers Bisa Kaya Raya

Membuat video YouTube untuk mencari nafkah pasti keren kan? Ini adalah cita-cita anak muda saat ini dan para YouTubers seperti Ria Ricis dan Atta Halilintar kerap menampilkan rumah mewah bernilai miliaran yang dimiliki masing masing. Dengan mudah orang yang viral di YouTube menjadi mendadak kaya dan terkenal kemudian menumpuk harta mereka di rumah atau untuk dipamerkan agar uang mereka tambah banyak dari penonton yang iri melihatnya.

Dan taukah anda bahwa YouTubers yang paling top di Indonesia dapat menghasilkan miliaran rupiah dalam setahun. Mereka mendapatkan itu semua dari iklan, penonton, dan sponsor.

Menjadi YouTubers idola semua orang dan tampaknya sangatlah membahagiakan sekali. Tampak dari wajah mereka yang berbinar-binar mewakili isi dompet mereka.

Bayangkan saja, anda membuat video beberapa jam, mengeditnya beberapa jam, menguploadnya ke YouTube dan uang mengalir deras ke rekening anda dengan damainya.

 

Ternyata tak semudah itu, ferguso!

Saat anda membuka YouTube, akan banyak sekali konten yang disarankan oleh YouTube. Algoritma ini menyarankan video yang menurut perkiraan algoritma ini anda sukai berdasarkan apa yang telah anda tonton, penonton lain tonton dan banyak faktor lainnya.

Jika anda perhatikan, apa yang muncul di rekomendasi YouTube anda memiliki ribuan penonton dan anda menjadi orang yang ke sekian ribu yang menonton video itu. Yang tidak pernah anda lihat adalah, banyak video yang tidak terlihat, disembunyikan oleh YouTube, mereka bukan para YouTubers malas atau tidak memiliki impian saat memulai channel YouTube nya, mereka giat, pekerja keras, dan berjuang. Namun tidak mendapatkan apapun dari usahanya. Mereka tidak terdengar, dan kisah ini jarang ada yang tahu karena memang, mereka tidak terkenal.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman, 96,5 persen calon YouTuber tidak menghasilkan cukup uang bahkan untuk mencapai garis kemiskinan AS. Jika Anda menganggap bahwa garis kemiskinan AS adalah $ 12.140 untuk satu orang (yaitu $ 1.011,67 per bulan), angka dari penelitian tersebut terlihat cukup suram.

Namun menjadi bagian yang 3 persen channel yang paling banyak dilihat dan menghasilkan pendapatan dari iklan sebesar 206.339.000 rupiah per tahun (Channel luar negeri) atau sekitar 26 jutaan sebulan. Jauh dari miliaran rupiah per bulan yang sering kita dengar.

Fakta pahitnya adalah, ada jauh lebih banyak YouTubers yang gagal ketimbang sukses karena sistem di YouTube menyorot mereka yang sudah terlanjur terkenal dan penuh dengan sorotan untuk tujuan promosi ketimbang membantu para YouTubers pemula atau yang baru memulai channel YouTube nya untuk bangkit.

 

Lalu bagaimana para YouTuber bisa mempunyai banyak uang?

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa YouTubers bisa mendapatkan uang miliaran, namun di tengah artikel saya jelaskan bahwa 3% rata-rata hanya mendapatkan 20 jutaan sebulan. Ingat ya, rata-rata artinya ada yang kurang dari 20 juta dan ada yang diatas 20 juta (termasuk miliaran). Mereka biasanya membuat konten yang berpotensi viral. Sehingga, bodohnya sebagian melupakan sisi moralitas dan hanya memfokuskan pada uang.

Dikutip dari artikel yang tayang di PojokSosmed.com dengan artikel yang berjudul "YouTube Desktop Creator Studio dan Fakta yang Sebenarnya"

You May Also Like

Pilih Blogger atau Wordpress ? Pahami ini dulu

Pilih Blogger atau WordPress ? Pahami ini dulu

Contoh Pekerjaan Sampingan di Internet

Contoh Pekerjaan Sampingan di Internet

Auto Draft

Yuk, Ketahui Cara Pasang Iklan Gratis di Internet

Auto Draft

4 Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows dengan dan tanpa Software