Indonesia Menjadi Penyampah Makanan Terbanyak No 2 Dunia Tapi Masih Banyak Yang Kelaparan

Indonesia Menjadi Penyampah Makanan Terbanyak No 2 Dunia Tapi Masih Banyak Yang Kelaparan

Siapapun pastinya tahu kalau kita tidak seharusnya membuang-buang makanan ke dalam tong sampah stainless. Tapi bagaimana ya kira-kira caranya? Mungkin ini yang harus mulai dihayati dan digiatkan oleh masyarakat Indonesia.

Karena kenyataannya Indonesia merupakan negara yang memproduksi sampah makanan terbesar di dunia. Sebagai orang Indonesia, tentu saja kita berkewajiban untuk mengubahnya. Apalagi jika mengingat angka kelaparan di Indonesia pun terhitung masih tinggi.

Indonesia Menjadi Penyampah Makanan Terbanyak No 2 Dunia Tapi Masih Banyak Yang Kelaparan

Sangat penting nih untuk mengetahui apa saja kira-kira hal yang menyebabkan angka sampah makanan di Indonesia sangat besar. Jelas bukan hanya karena populasinya yang besar saja. Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. Pola konsumsi masyarakat Indonesia yang masih berpusat pada seberapa banyak porsi makanan itulah yang menyebabkan kenapa sampah makanan jadi menumpuk. Padahal seharusnya berpatok kepada kebutuhan kalori

2. Selain pada pola konsumsi, proses produksi sampai distribusi pun bisa membuat makanan terpaksa harus dibuang, bahkan sebelum sampai ke tangan konsumen

3. Sedihnya, jika makanan yang dikumpulkan di Indonesia yang terbuang setiap tahunnya bisa untuk memberikan makanan sekitar 11% dari populasi

4. Makanan yang dibuang pun bisa mempengaruhi kondisi lingkungan sekitar

5. Pemerintah jelas harus turun tangan, bisa dengan menerapkan denda pada sampah makanan

Meskipun secara umum kesadaran masyarakat di Indonesia mengenai masalah sampah makanan masih rendah, namun ternyata sudah ada beberapa gerakan sosial yang didirikan untuk mengurangi sampah makanan.

Caranya ialah dengan membagikan makanan berlebih kepada masyarakat yang kurang mampu. Makanan berlebih disini ialah makanan yang berasal dari restoran, acara pernikahan dan lainnya yang tujuannya untuk menghentikan kebiasaan orang Indonesia yang suka membuang makanan karena tidak suka, salah pesan atau dibiarkan busuk karena terlalu lama disimpan.

Nah, langkah pertama yang bisa dilakukan ialah bertanggung jawab terhadap apapun makanan yang kita makan dengan menghabiskannya. Semoga beberapa informasi di atas bisa membantu meningkatkan kesadaran kita untuk tidak membuang-buang makanan, sebisa mungkin menyisihkan makanan untuk orang yang tidak mampu akan lebih baik daripada harus membuangnya.