3 Cara Mengecek Spesifikasi Laptop

3 Cara Mengecek Spesifikasi Laptop

Sama seperti HP, spesifikasi laptop ataupun komputer adalah bagian penting untuk diketahui oleh calon pemilik sebelum membelinya di toko elektronik. Karena, ketika para user laptop ingin memasang suatu aplikasi, umumnya ada batas spesifikasi minimum yang harus dipenuhi supaya aplikasi terpasang dan bisa digunakan dengan lancar.

Informasi mengenai spesifikasi pun berguna ketika kamu ingin memperbaharui RAM dengan meningkatkannya ke spek yang lebih tinggi. Kenapa? Pasalnya, para pengguna harus mengetahui apa tipe dari memori dan storage yang didukung oleh sistem laptop.

Ada beberapa cara yang gampang dan juga dapat kamu lakukan untuk mengecek spesifikasi laptop ataupun komputer, khususnya yang ada kaitannya dengan sistem Windows 10.

Berikut cara mengecek spesifikasi laptop yang menggunakan sistem Windows 10, artikel ini dikutip melalui situs Kuotabro. Untuk mengetahui informasi tentang teknologi lainnya, kamu bisa langsung saja mengunjungi website tersebut.

About Your PC

3 Cara Mengecek Spesifikasi Laptop

Langkah pertama yang paling gampang untuk dilakukan ialah, melalui fitur “About your PC”, untuk mengaksesnya. Kamu cukup mengetik kata frasa “About your PC” di menu start dan klik atau tekan tombol enter.

Tunggu beberapa saat, kamu akan ditampilkan sebuah halaman yang didalamnya memperlihatkan seperti apa spesifikasi yang digunakan oleh laptop tersebut.

Dibagian Device Specifications, akan terlihat spesifikasi laptop yang digunakan secara keseluruhan. 

Beberapa di antaranya akan terlihat seperti nama laptop atau komputer, model laptop, prosesor yang digunakan, RAM, jenis sistem yang digunakan, dan masih banyak lagi seputar spesifikasinya. 

Oh iya, para penggunapun dapat merubah nama komputer dengan cara klik tombol dibagian “Rename this PC”.

Sedangkan di bagian “Windows Specification: telah merangkum versi OS yang diaplikasikan pada komputer tersebut, seperti versi dan tanggal berapa pemasangannya.

System Information

Jika mengecek spesifikasi laptop ataupun komputer melalui system information, maka akan berbeda dengan cara mengecek lewat “About Your PC”. Sementara, system information ini dapat digunakan untuk melihat seluruh spesifikasi laptop lebih mendalam.

Untuk mengaksesnya, kamu perlu memasukan kata kunci “system information” di bagian menu start. Jika sudah memasukkan kata kunci tersebut, silahkan klik menggunakan mous atau juga tekan tombol enter.

Tunggu beberapa saat kemudian, kamu akan ditampilkan oleh jendela yang di dalamnya diisi tentang spesifikasi laptop atau komputer yang ingin kamu cek.

Di sini, kamu dapat melihat beberapa spesifikasi teknis yang terhubung dengan sistem yang digunakan pada laptop tersebut. Misal seperti bagian komputer yang tersambung, jenis memori, tipe bios yang digunakan, dan masih banyak lagi.

Untuk mengambil data spesifikasi dari komputer atau laptop yang sedang dicek, kamu bisa merubahnya menjadi sebuah file teks. Bagaimana caranya? Kamu tinggal klik pada menu dibagian “File”, kemudian pilih “Export”.

Selesai.

Command Prompt

Fitur CMD (Command Prompt), ternyata bisa lho dipakai untuk melihat spesifikasi laptop yang kamu miliki. Kira-kira seperti apa ya? Jadi begini, kamu hanya memasukkan kata kunci atau frasa “Command Prompt” di menu start, klik kanan di program CMD, kemudian pilih “Run as administrator”.

Lalu, masukkanlah perintah “Systeminfo” dengan catatan tanpa tanda kutip ya, setelah itu tekan tombol enter.

Tidak lama kemudian, software CMD akan akan memperlihatkan spesifikasi laptop secara keseluruhan. Salah satu contohnya seperti informasi memori, sistem, bios, RAM, dan model laptop.

Mungkin 3 cara di atas sudah cukup untuk membantu teman-teman dalam mengecek spesifikasi laptop yang kalian miliki. Semoga artikel ini bermanfaat ya.