Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Rumah Prefabrikasi

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Rumah Prefabrikasi

Rumah modular atau rumah prefabrikasi adalah salah satu tren arsitektur terbaru yang melanda dunia modern. Berbeda dengan rumah-rumah konvensional, rumah prefab yang tersusun dari panel-panel ini dibuat di pabrik yang kemudian dikirim ke lokasi perumahan untuk dirakit.

Jika anda memikirkan ulang pembangunan rumah modular atau yang sering disebut rumah panel ini sama seperti membuat rumah-rumah dari lego, cuma bedanya ini benar-benar untuk ditinggali. Konsep ini sendiri sudah ada sejak lama yaitu tahun 1900-an dimana konsep rumah modular ini pertama kali diwujudkan. Walaupun sudah sejak lama konsep rumah prefab ini ada, tapi konsep rumah ini baru digunakan pertama kali di Indonesia pada waktu kasus tsunami di Aceh. Dimana pada waktu itu pemerintah membangunkan rumah instan murah dan tahan gempa ini sebagai pengganti rumah-rumah yang hancur terserang tsunami pada waktu itu.

Sejak itulah konsep rumah modular ini mulai dikembangkan di indonesia. Pada awalnya memang konsep rumah ini ditujukan untuk membantu kelompok-kelompok sederhana dan berpenghasilan rendah menemukan perumahan yang terjangkau yang tahan lama. Tapi sekarang ini rumah panel yang dapat dibangun dengan cepat / instan ini mulai menyasar kalangan menengah keatas yang sering disebut RIMK (Rumah Instan Mewah Knockdown).

Saat ini, rumah modular telah mengambil tempat pada desain arsitektur. Terbuat dari bahan yang lebih keras dan lebih mudah dikerjakan, dan mengandung elemen desainer (jika diinginkan). Pencahayaan, dekorasi, lanskap, dan bahkan kekuatan strukturnya memengaruhi cara produsen membuat struktur prefab yang menakjubkan ini.

Perbandingan biaya dengan rumah yang dibangun di lokasi

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Rumah Prefabrikasi

Rumah prefab lebih murah daripada rumah yang dibangun secara konvensional, tetapi ini tidak berarti rumah ini murah. Seperti rumah biasa, semakin rumit arsitekturnya, semakin banyak Anda harus membayar. Biaya pipa, listrik dan HVAC biasanya tidak termasuk dalam perkiraan awal sehingga meskipun harga rumah dipatok pada 40 juta rupiah, itu tidak mencakup biaya pemasangan utilitas atau pemeliharaannya yang berkelanjutan.

Yang dapat dipastikan adalah selisih biaya antara pembangunan rumah panel ini dan rumah konvensional. Rumah modular hingga (dan kadang-kadang lebih dari) 30 persen lebih murah. Selisih uangnya ini dapat anda gunakan untuk memasang komponen mewah atau memperluas ukuran persegi.

Apa yang membuat rumah panel lebih murah?

Mungkin faktor terbesar adalah bahwa rumah modular tidak bergantung pada pekerjaan tenaga kerja yang intensif di lokasi. Persentase paling besar dari biaya bangun rumah diambil oleh biaya tenaga kerja yang bisa meningkat ketika hambatan muncul dan pekerja terpaksa menghabiskan lebih banyak waktu di lokasi. Cuaca buruk dan kegagalan peralatan juga merusak timeline dan sebelum Anda menyadarinya, Anda telah menghabiskan setidaknya dua minggu lebih hanya untuk bayar tukang.
Sedangkan karena tiap panel rumah dibangun di pabrik, rumah modular dapat dibangun tanpa penundaan dan inspeksi dilakukan pada setiap tahap proses. Sekalipun untuk desain yang kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dibangun, pembangunannya tetap lebih murah daripada rumah yang dibangun di lokasi.

Apakah rumah modular mobile?

Secara umum diyakini demikian, tetapi rumah modular tidak seperti rumah mobil atau rumah pada umumnya. Rumah mobil dibangun di atas landasan untuk kemudahan bila dibawa berpergian sedangkan rumah konvensional memiliki fondasi permanen dan tidak dibangun per bagian. 

Apakah jenis rumah ini ramah lingkungan?

Bukan rahasia lagi bahwa konstruksi di tempat menghasilkan banyak limbah. Karena struktur dibangun menurut cetak biru, ada ruang untuk kesalahan dan pemborosan. Di sisi lain, rumah modular dirancang dan dibangun dengan pertimbangan ketat sehingga menyisakan lebih sedikit ruang untuk limbah material dan mengurangi kesalahan-kesalahan pada proses pembangunan di lokasi.
Faktor lain yang membuat rumah panel ini menarik adalah bahwa bagian per bagian atau panel-panel penyusunnya ini dapat digunakan kembali beberapa kali. Tidak seperti struktur bangunan konvensional yang harus dirobohkan, panel-panel rumah modular ini dapat dilepas, diangkut, dan dipasang kembali ke mana pun dibutuhkan.
Ada kepercayaan bahwa rumah modular memiliki nilai jual kembali yang buruk karena orang-orang masih terikat pada rumah tradisional yang terbuat dengan fondasi permanen. Ini tidak sepenuhnya benar karena selama rumah panel instan ini dipelihara dengan baik, tidak memiliki masalah pipa, HVAC dan listrik dan terletak di lingkungan yang aman, pastinya nilai jualnya juga bertahan.

Rumah modular mendapatkan popularitas besar dari hari ke hari dan lebih banyak orang ingin memiliki rumah modular daripada rumah yang dibangun secara konvensional. Untuk melihat banyak sekali manfaat rumah modular, anda bisa mengunjungi situs modular-wg.com. Situs itu adalah situs dari salah satu kontraktor rumah panel instan ini yang namanya sudah cukup terkenal yaitu Wika Gedung

You May Also Like

Auto Draft

Cara Usir Rayap Dengan Cepat Dan Efektif

Auto Draft

Memilih Lantai Vinyl untuk Rumah Anda